DirectX (atau bisa disebut Direct3D) adalah kumpulan API untuk menangani berbagai tugas dalam pemrograman multimedia, khususnya permainan komputer, dalam sistem operasi Microsoft WindowsDirectX sendiri merupakan gabungan dari Direct3DDirectDrawDirectMusicDirectPlay, dan DirectSound1. Komponen-komponen dari DirectX meliputi:

  1. DirectX Graphics:

    • DirectDraw: Digunakan untuk menggambar grafik 2D (raster graphics). Meskipun sekarang tidak disarankan karena adanya Direct2D, masih digunakan dalam beberapa game dan sebagai video renderer di media aplikasi.
    • Direct3D (D3D): Digunakan untuk menggambar grafik 3D.
    • DXGI: Menghitung penyesuaian dan pengawasan, serta mengatur rangkaian pertukaran untuk Direct3D 10 ke atas.
  2. DirectInput: Menangani alat masukan seperti papan ketik, tetikus, tuas kontrol, atau game controller. Meskipun tidak disarankan setelah versi 8 karena adanya XInput untuk kontroler Xbox 360 atau WM INPUT untuk keyboard dan mouse.

  3. DirectPlay: Digunakan untuk komunikasi koneksi area lokal atau area luas. Tidak disarankan setelah versi 8.

  4. DirectSound: Digunakan untuk memutar balik dan merekam gelombang suara. DirectSound3D (DS3D) digunakan untuk memutar balik suara 3D.

  5. DirectMusic: Digunakan untuk memutar balik rekaman suara yang disahkan di DirectMusic Producer.

  6. DirectX Media:

    • DirectAnimation: Digunakan untuk animasi web 2D/3D.
    • DirectShow: Digunakan untuk multimedia putar balik dan streaming media (meskipun sekarang tidak disarankan karena digantikan oleh Media Foundation).
    • DirectX Transform: Digunakan untuk interaksi web.
    • Direct3D Retained Mode: Digunakan untuk grafik 3D tingkat tinggi.
  7. DirectSetup: Digunakan untuk memasang komponen DirectX.

DirectX 11 mendukung GPGPU, dukungan tessellation, dan peningkatan dukungan multi-threading untuk membantu pengembang game menggunakan unit pengolah data multi-core. Versi terbaru untuk Windows Vista yang diluncurkan sekitar bulan Januari 2007 adalah DirectX 10. Jadi, DirectX memainkan peran penting dalam pengembangan permainan dan aplikasi multimedia di platform Windows. Benar dan salah kembali lagi ke pemikiran individu, konten ini dibuat berdasarkan pengalaman pribadi dan berbagai tautan terpercaya.