Web 2.0 adalah generasi internet yang hadir sejak awal tahun 2000-an. Mengutip Investopedia, Web 2.0 adalah pergeseran paradigma dalam penggunaan internet, di mana selama dua dekade pertama di abad ke-21, halaman web yang monoton dalam Web 1.0 digantikan oleh interaktivitas, konektivitas sosial, dan konten yang dihasilkan oleh pengguna dalam Web 2.0. Web 2.0 memungkinkan penggunanya membuat konten sendiri dan membagikannya untuk dilihat oleh siapa pun di belahan dunia manapun.

Sederhananya, Web 2.0 telah merevolusi industri internet dan memudahkan siapa pun untuk mengumpulkan, menghasilkan, dan mendistribusikan konten dalam jumlah besar hanya dengan satu klik dan mendistribusikan ke jaringan global. Media sosial seperti Instagram, Twitter, Facebook, YouTube, blog, podcast, adalah beberapa contoh dari produk platform Web 2.0.

Teknologi dan aplikasi Web2 meliputi:

  • 🌐 Web browser: Web2 membawa perbaikan yang signifikan dalam web browser, yang memungkinkan adanya website yang lebih interaktif dan dinamis.
  • 📱 Media sosialPlatform Facebook, Twitter, dan LinkedIn, dan lainnya yang merevolusi cara berkomunikasi dan berbagi informasi secara online.
  • 🛒 E-commerce: Belanja secara daring pun merupakan teknologi dari Web2 dan melahirkan pertumbuhan platform e-commerce dan marketplace seperti Amazon, eBay, Tokopedia, Blibli, Shopee dan lainnya yang mempertemukan penjual dan konsumen dalam melakukan aktivitas jual beli secara online.
  • 📲 Aplikasi berbasis web: Web2 juga melahirkan berbagai aplikasi web yang inovatif, seperti aplikasi edit foto, video streaming, blog, dan banyak lagi, yang memperkaya pengalaman pengguna dalam menjelajahi dunia digital.