GPU (Graphics Processing Unit) adalah sebuah perangkat keras yang dirancang untuk mempercepat pembuatan gambar keluaran ke peranti tampilan komputer seperti monitor. GPU memiliki ribuan core yang dapat diprogram dan dapat memproses data grafis atau gambar dengan lebih cepat dan efisien daripada CPU. Selain itu, GPU juga dapat digunakan untuk komputasi paralel, yaitu melakukan perhitungan secara bersamaan dengan banyak core.


1. OpenCL 

adalah singkatan dari “Open Computing Language”. OpenCL adalah standar terbuka untuk pemrograman lintas platform, paralel. Awalnya dikembangkan oleh Apple pada tahun 2008 dan sekarang dikelola oleh kelompok Khronos. Sistem operasi utama pertama yang mendukung OpenCL adalah Snow Leopard (Mac OS X 10.6), yang dirilis pada tahun 2009. OpenCL memungkinkan penggunaan unit pemrosesan grafis (GPU), unit pemrosesan sentral (CPU), dan unit pemrosesan digital sinyal (DSP) untuk melakukan tugas-tugas pemrosesan secara bersamaan. OpenCL juga memungkinkan penggunaan perangkat keras yang berbeda untuk melakukan tugas-tugas pemrosesan secara bersamaan.


2. CUDA 

adalah singkatan dari “Compute Unified Device Architecture”. CUDA adalah platform komputasi paralel yang dikembangkan oleh NVIDIA dan diperkenalkan pada tahun 2006. CUDA memungkinkan program perangkat lunak untuk melakukan perhitungan menggunakan CPU dan GPU. CUDA juga memungkinkan penggunaan perangkat keras yang berbeda untuk melakukan tugas-tugas pemrosesan secara bersamaan.


3. DirectCompute 

adalah sebuah antarmuka pemrograman aplikasi (API) yang memungkinkan penggunaan unit pemrosesan grafis (GPU) untuk melakukan tugas-tugas pemrosesan secara bersamaan pada sistem operasi Windows Vista, Windows 7, dan versi-versi yang lebih baru. DirectCompute dikembangkan oleh Microsoft sebagai bagian dari DirectX API. DirectX adalah kumpulan antarmuka pemrograman aplikasi (API) yang berfungsi untuk menangani tugas-tugas yang berhubungan dengan multimedia, terutama pemrograman game dan video.


4. DirectML 

adalah singkatan dari “Direct Machine Learning”. DirectML adalah sebuah antarmuka pemrograman aplikasi (API) yang memungkinkan penggunaan unit pemrosesan grafis (GPU) untuk melakukan tugas-tugas pemrosesan secara bersamaan pada sistem operasi Windows Vista, Windows 7, dan versi-versi yang lebih baru. DirectML dikembangkan oleh Microsoft sebagai bagian dari DirectX API. DirectML menyediakan akselerasi GPU untuk tugas-tugas pembelajaran mesin yang umum pada berbagai perangkat keras dan driver yang didukung, termasuk semua GPU yang mendukung DirectX 12 dari vendor seperti AMD, Intel, NVIDIA, dan Qualcomm. DirectML juga dapat digunakan bersama dengan Windows Machine Learning API untuk mempercepat inferensi model pembelajaran mesin.