Advanced Host Controller Interface (AHCI) adalah standar teknis yang didefinisikan oleh Intel yang menentukan antarmuka level register dari kontroler host Serial ATA (SATA) pada chipset motherboard secara non-implementation-specific.
     Spesifikasi ini menjelaskan struktur memori sistem untuk vendor perangkat keras komputer untuk bertukar data antara memori sistem host dan perangkat penyimpanan yang terpasang. AHCI memberikan pengembang perangkat lunak dan desainer perangkat keras metode standar untuk mendeteksi, mengonfigurasi, dan memrogram adapter SATA/AHCI. AHCI terpisah dari standar SATA 3 Gbit/s, meskipun mengekspos kemampuan canggih SATA (seperti hot swapping dan native command queuing) sehingga sistem host dapat menggunakannya. Untuk solid state drive modern, antarmuka ini telah digantikan oleh NVMe.

    Semua kontroler SATA menawarkan mode operasi yang dapat dipilih: emulasi Parallel ATA warisan (lebih umum disebut IDE Mode), mode AHCI standar (juga dikenal sebagai Native Mode), atau RAID khusus vendor (yang umumnya mengaktifkan AHCI untuk memanfaatkan kemampuannya). Intel merekomendasikan memilih mode RAID pada motherboard mereka (yang juga mengaktifkan AHCI) daripada mode AHCI/SATA untuk fleksibilitas maksimum. Mode warisan adalah mekanisme kompatibilitas mundur perangkat lunak yang dimaksudkan untuk memungkinkan kontroler SATA berjalan di sistem operasi warisan yang tidak menyadari SATA atau di mana driver tidak ada untuk membuat sistem operasi menyadari SATA. Ketika kontroler SATA dikonfigurasi untuk beroperasi dalam IDE Mode, jumlah perangkat penyimpanan per kontroler biasanya dibatasi menjadi empat (dua saluran IDE, perangkat master dan perangkat budak dengan hingga dua perangkat per saluran), dibandingkan dengan maksimum 32 perangkat/port ketika dikonfigurasi dalam mode AHCI. 
     Namun, antarmuka SATA chipset mungkin meniru lebih dari satu “kontroler IDE” ketika dikonfigurasi dalam IDE Mode.
AHCI didukung secara langsung pada Windows Vista dan setelahnya, sistem operasi berbasis Linux (sejak versi 2.6.19 kernel), OpenBSD (sejak versi 4.1), NetBSD (sejak versi 4.0), FreeBSD (sejak versi 8.0), macOS, GNU Mach, ArcaOS, eComStation (sejak versi 2.1), dan Solaris 10 (sejak versi 8/07). Versi lama sistem operasi memerlukan driver khusus perangkat keras untuk mendukung AHCI. Windows XP dan lebih lama tidak menyediakan dukungan AHCI secara langsung.