RAM (Random Access Memory) adalah salah satu komponen penting pada Laptop/PC . RAM memiliki fungsi sebagai tempat penyimpanan data sementara pada Laptop/PC . Jika semakin besar kapasitas RAM, maka semakin kuat juga Laptop/PC  tersebut untuk menjalankan program sekaligus. Oleh karena itu, agar performa PC/Laptop yang ada berjalan dengan maksimal, RAM perlu di-upgrade jika kapasitasnya kurang besar, karena prosesor berinti banyak saja masih belum cukup maksimal menjalankan Laptop/PC .
Sebelum upgrade RAM Laptop/PC , perlu mengetahui atau tidak RAM tersebut dipasang pada Laptop/PC . Jika tidak cocok, maka akan sia-sia saja. Kita perlu tau tipe RAM pada Laptop/PC, misalnya RAM tersebut apakah tipenya DDR, DDR2, DDR3 atau DDR3L (untuk Laptop Low voltage RAM). Hal ini sangat penting, karena jika salah tipe RAM pada Laptop/PC, maka RAM tidak cocok dipasang dan tidak dapat berjalan. 
Perhatikan Tipe RAM dan Motherboard
Sebelum upgrade RAM PC, kita harus mengetahui tipe RAM yang digunakan dan tipe Motherboard-nya. Jika tipe RAM PC DDR2, maka gunakan yang DDR2 juga. Selain itu, jika Motherboard-nya termasuk PC5300 666 Mhz, maka gunakan RAM yang tipenya itu juga. Jadi, jika kalian butuh RAM 2GB, maka beli RAM 2GB DDR2 PC5300 666 Mhz.
Untuk RAM laptop sangat berbeda ukurannya dengan RAM pada PC/komputer. Ukuran RAM laptop hanya setengah RAM PC/komputer. Jika ingin membeli RAM untuk laptop, maka kita bisa menyebutkan dengan SO-DIMM (Small Outline Dual In-line Memory Module ) (memory DDR-SDRAM, DDR2-SDRAM atau DDR3-SDRAM). DIMM merupakan jenis slot untuk Memory. Jadi, jika ingin membeli RAM untuk laptop, maka pilih tipe SODIMM dari jenis DDR-SDRAM, DDR2-SDRAM atau DDR3-SDRAM, tergantung laptop menggunakan RAM tipe apa.
Perhatikan Slot RAM
Sebelum upgrade RAM Laptop/PC dengan kapasitas yang lebih besar, kita perlu mengetahui slot RAM pada Motherboard Laptop/PC. Lihat slot RAM, apakah memiliki 1 atau 2 slot, karena keduanya bisa digunakan agar performa Laptop/PC lebih maksimal. Jika slot RAM pada Motherboard ada 2 atau dual channel, disarankan menggunakan 2 keping, misalnya 2GB slot 1 dan 2GB slot 2. Cara tersebut dilakukan agar performa Laptop/PC berjalan lebih maksimal dan seimbang, misalnya timbangan sisi kanan beratnya 4Kg dan sisi kiri kosong, maka tidak seimbang.
Kita perlu tau juga masing-masing tipe RAM didesain kompatibel pada slot tertentu dan berbeda. Jadi, jika kita salah memasang, misalnya seharusnya Laptop/PC menggunakan RAM tipe DDR2, tetapi kita paksa pasang RAM tipe DDR3, maka sangat jelas tidak akan bisa masuk pada slot tersebut.
Perhatikan Frekuensi RAM
Ketika kita ingin upgrade RAM, jika misalnya pada Laptop/PC kita sudah ada 2GB dan ingin tambah 2GB juga, maka perhatikan Frekuensi RAM lama yang sudah ada duluan pada Laptop/PC. Jika RAM yang lama tipenya DDR3 PC6400 dan frekuensinya 800 Mhz, maka RAM baru yang ingin ditambahkan harus sama frekuensinya dengan yang lama yaitu DDR3 PC6400 800 Mhz, karena misalnya jika RAM baru tipenya DDR3 PC5300 dan frekuensinya 666 Mhz, maka RAM baru akan mengikuti frekuensi RAM lama menjadi 666 Mhz, tentu kecepatan RAM Laptop/PC kita menjadi kecil.
Timing pada RAM juga berpengaruh, semakin rapat timingnya, maka semakin cepat Laptop/PC berjalan. Misalnya PC6400 timing-nya 5-5-5-15 atau 6-6-6-18, di antara kedua timing tersebut pasti kita akan memilih yang 6-6-6-18. Walau pun merk RAM berbeda tidak akan menjadi masalah, yang penting spesifikasi RAM sama.
Perhatikan OS PC
Jika kita mempunyai RAM 2GB dan ingin upgrade menjadi 4GB dengan menambah lagi RAM 2GB, tetapi OS Windows kita masih 32bit, maka akan percuma, karena OS Windows 32bit akan membaca tetap 2GB. Jadi, sebelum upgrade RAM, jika OS pada Laptop/PC masih 32bit, lebih baik install ulang menjadi 64bit, supaya semua total RAM terbaca.
Melihat RAM Menggunakan Software Pihak ketiga

CPU-Z adalah alat diagnostik gratis yang memberikan informasi tentang CPU dan beberapa perangkat utama dari sistem anda, serta memonitoring kinerja benchmark software dan hardware pada pc atau laptop.
Banyak pengguna laptop dan komputer yang belum mengetahui spesifikasi komputer miliknya, teknologi dan jenis prosesor, atau memori, padahal informasi tersebut sangat penting saat mereka ingin meng upgrade beberapa komponen komputer. Dengan CPU-Z, kita bisa mendapatkan informasi lengkap mengenai komputer dengan cara yang mudah. Aplikasi ini bisa dijalankan langsung, tanpa instalasi.

Begitu dijalankan, Maka akan menampilkan informasi mengenai semua komponen yang terpasang di komputer. Di tab [cache], CPU-Z menampilkan informasi detail mengenai cache prosesor. Pada tab [motherboard], kita bisa melihat informasi mengenai motherboard, BIOS, dan kartu VGA.

Detail mengenai memori, speed dan latency, serta modus kerjanya (single channel atau dual channel) bisa ditilik di tab [memory]. Sedangkan tab [SPD] menampilkan informasi mengenai produsen modul memori dan timing memori secara default.


Download Software Cpu-Z :  [GoogleDrive]  [Direct]

Nah itulah Tips Teknik Cara Mengetahui Tipe RAM Laptop/PC Untuk Upgrade. Jangan lupa, simak artikel lainnya yg menarik di www.logpas.blogspot.comSemoga apa yang disampaikan dapat dipahami dan bermanfaat untuk bersama.