Semakin dingin processor anda, maka akan semakin baik kinerja PC anda. jika anda merasa processor anda terlalu panas, beberapa tips dibawah ini akan membantu anda:

a. Selalu jaga kebersihan PC

Setiap waktu, debu, kotoran dan bahkan rambut dapat menyelinap ke dalam casing PC, hal ini membuat udara yang masuk dan yang keluar akan terhalang, sehingga beban dari kipas akan menjadi berat. Jadi, ada baiknya anda mulai membersihkan bagian dalam PC termasuk ventilasi udara dari casing.

b. Perhatikan lokasi tempat anda meletakkan PC

Pastikan PC anda berada di ruangan yang cukup akan udara alias berventilasi baik. PC anda juga sebaiknya tidak diletakkan pada tempat dengan ruangan yang kecil atau menaruh casing PC di sebuah lemari kecil kecuali lemari tersebut memiliki ventilasi yang baik.

c. Cek kipas

Pastikan anda mengecek seluruh kipas yang ada pada PC dengan berkala. Beberapa motherboard dan komputer memiliki program monitoring sendiri yang dapat menunjukkan apakah kipas befungsi normal sekaligus kecepatan dari kipas itu. Jika PC anda tidak memilikinya, anda dapat mengeceknya secara manual, buka casing dan periksa apakah kipas masih berputar normal serta dengarkan baik-baik apabila ada suara yang tidak normal pada kipas anda.

d. Thermal paste (Grease/Pasta Termal)

Pelumas/Pasta Termal untuk Processor

Jika processor atau kipas dari processor anda diganti maka sebaiknya anda membersihkan keseluruhannya dan menambahkan thermal grease, sejenis pelumas khusus processor yang berfungsi mengalihkan panas dari processor.

e. Tambah kipas

Mungkin anda memerlukan kipas tambahan agar processor anda tidak kepanasan. Banyak komputer sudah dilengkapi dengan berbagai jenis kipas didalamnya termasuk kipas pada casing PC. Jika anda kira perlu untuk menambah kipas, anda dapat memasangnya di bagian depan atau belakang casing.

f. Upgrade kipas

Jika anda merasa repot dengan banyaknya kipas, anda dapat mengganti kipas anda dengan yang lebih baik, banyak kipas yang dijual yang telah di modifikasi sedemikian rupa dimana kipas ini membuat processor menjadi lebih dingin dengan cepat.

Nah itulah Tips Teknik Cara Membuat Processor Tetap Dingin . Jangan lupa, simak artikel lainnya yg menarik di www.logpas.blogspot.comSemoga apa yang disampaikan dapat dipahami dan bermanfaat untuk bersama.