Berikut adalah beberapa cara merawat keyboard laptop agar tetap awet dan berfungsi dengan baik:

  1. Matikan Laptop: Sebelum membersihkan keyboard laptop, matikan laptop terlebih dahulu untuk mencegah korsleting.
  2. Letakan Laptop dalam Posisi Terbalik: Untuk memudahkan Anda membersihkan keyboard dengan sempurna, letakan laptop dalam posisi terbalik. Ini akan membantu kotoran yang ada di keyboard bisa terjatuh saat dibersihkan.
  3. Tekan Keyboard dan Tepuk Bagian Belakang Laptop: Tekan-nekan tombol keyboard untuk membantu kotoran di keyboard keluar dengan mudah. Anda juga dapat menepuk bagian belakang laptop dengan lembut untuk membersihkan kotoran yang sulit dijangkau.
  4. Gunakan Sikat atau Brush Make Up: Bersihkan sisa kotoran atau debu di antara tombol keyboard menggunakan sikat lembut atau brush make up. Pastikan setiap bagian tombol sudah disikat dengan baik.
  5. Keringkan dengan Kipas atau Hair Dryer: Gunakan hair dryer atau kipas tangan untuk membuang sisa debu. Pastikan semua bagian keyboard sudah bersihsempurna.
  6. Pakai Vacuum Cleaner Khusus Keyboard: Gunakan vacuum cleaner khusus keyboard untuk menyedot debu di sela-sela tombol keyboard yang tersisa saat proses pengeringan.
  7. Nyalakan Kembali Laptop Anda: Pastikan semua bagian keyboard sudah kering sempurna sebelum menyalakan kembali laptop.

Berikut adalah beberapa cara merawat keyboard komputer agar tetap awet dan berfungsi dengan baik:

  1. Rajin Bersihkan Keyboard: Keyboard komputer seringkali menjadi tempat berkumpulnya debu dan kotoran. Oleh karena itu, rajin-rajinlah membersihkan keyboard dari debu dan kotoran dengan menggunakan vacuum cleaner untuk menyedot debunya, sedangkan untuk membersihkannya kamu bisa menggunakan kain atau lap yang telah dibasahi dan diberikan cairan pembersih kaca terlebih dahulu. Bersihkan sela-sela keyboard dengan sikat gigi yang sudah tidak terpakai .
  2. Gunakan Joystick Ketika Bermain Game: Jika kamu ingin keyboard-mu awet dan bertahan lama, sebaiknya kamu membeli joystick untuk bermain game dan jangan gunakan keyboard kamu. Pilihan lainnya jika kamu memang harus menggunakan keyboard untuk bermain, belilah keyboard eksternal.
  3. Pakailah Keyboard Protector: Alat satu ini sangat berguna untuk melindungi keyboard dari kotoran dan kerusakan. Pasalnya, tangan kamu tidak akan menyentuh keyboard secara langsung, melainkan menyentuh protector yang digunakan. Jika tangan kamu kotor atau berminyak itu tidak akan menjadi masalah, karena yang kotor hanyalah protector -nya bukan keyboard aslinya.
  4. Mengetiklah dengan Santai: Jangan tekan terlalu keras setiap huruf yang ada di papan keyboard, karena hal tersebut dapat menyebabkan kerusakan pada tuts yang ada di lapisan bawah keyboard .
  5. Pastikan Tidak Ada Barang Lain di Atas Keyboard: Pastikan tidak ada barang lain di atas keyboard saat kamu mengetik, karena hal ini dapat merusak tuts pada keyboard.
  6. Jauhkan Makanan dan Minuman dari Keyboard: Hindari makan atau minum di dekat keyboard komputer, karena cairan atau remah makanan dapat masuk ke dalam celah-celah keyboard dan merusaknya.
  7. Gunakan On-Screen Keyboard: Jika kamu khawatir tentang kerusakan pada keyboard, kamu bisa menggunakan on-screen keyboard sebagai alternatif untuk mengetik.